logo

Written by Jusmardi on . Hits: 26

Bimbingan Pranikah dan Pernikahan Dini

Bagi Remaja Dalam Upaya Pencegahan Pergaulan Bebas di Kabupaten Karimun

WhatsApp Image 2021 03 26 at 14.36.40

Jum’at 26 Maret 2021, Wakil Ketua Pengadilan Agama Tanjung Balai Karimun M. Andri Irawan, S.H.I.,M.H. menghadiri undangan untuk menjadi Narasumber dalam acara Bimbingan Pranikah dan Pernikahan DIni Bagi Remaja Dalam Upaya Pencegahan Pergaulan Bebas di Kabupaten Karimun”, yang bertempat di Aula Masjid Agung Tanjung Balai Karimun.acara dimulai pukul 09.00 WIB, yang berlangsung selama 2 hari Jumat dan sabtu.WhatsApp Image 2021 03 26 at 14.36.41

“Untuk mempersiapkan generasi muda dalam menempuh pernikahan, maka diadakan Bimbingan Perkawinan Pra Nikah Remaja Usia dini yang dipanitia oleh Sekretariat Daerah kabupaten karimun, yang bertujuan untuk mencegah agar pernikahan dini tidak terjadi di kalangan remaja. yang biasanya pernikahan dini  berawal dari bebasnya pergaulan tanpa adanya pengawasan dari orang tua, di harapkan dengan bimbingan ini dapat membuka pola fikir para remaja usia dini.

WhatsApp Image 2021 03 26 at 14.36.37

Dalam sambutannya beliau menyampaikan, Pernikahan yang dilakukan pada usia dini berpotensi cukup tinggi yang menyebabkan timbulnya perceraian.karena banyak pasangan nikah usia dini belum memiliki kesiapan yang belum matang, baik secara fisik maupun mental.Karena memang menikah butuh banyak persiapan, tidak cukup hanya sekadar keinginan. Di sinilah bimbingan pra nikah menjadi penting. Setiap pasangan harus mengerti benar apa dan bagaimana kesiapan mereka baik sebagai istri atau suami serta nantinya kelak menjadi orang tua jika diberikan keturunan, sehingga tidak menimbulkan perceraian yang diakibatkan kurangnya pemahaman calon pengantin atau pernikahan usia dini," 

WhatsApp Image 2021 03 26 at 14.36.42

Ditambahkan, hal ini penting dilakukan, agar para generasi muda yang berada pada usia pra nikah tersebut, dapat lebih dewasa dalam menyikapi berbagai persoalan kehidupan, serta diharapkan dapat menurunkan angka perceraian yang terjadi akibat penikahan di usia dini. Karena masih maraknya pernikahan dini di kalangan remaja menjadi fenomena yang tidak mudah di atasi. Karena himpitan ekonomi, tekanan dari orang tua dan informasi media massa menjadi faktor pendorong terjadinya pernikahan usia dini.

Mengakhiri materinya, menekanknan bahwa ada 4 cara agar keluarga itu bisa awet dan utuh yaitu landasi rumah tangga dengan ajaran Islam, saling menghargai dan memberikan kasih sayang, memelihara kepercayaan terhadap pasangan, dan selalu mensyukuri baik terhadap pasangan maupun rezeki yang didapatkan.

Add comment


Security code
Refresh

Hubungi Kami

Pengadilan Agama Tanjung Balai Karimun

Jl. Jenderal Sudirman Poros, Meral
Karimun-Kepulauan Riau, 29664

Telp: (0777) 7366094
Fax: (0777) 7366093

Email : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
          This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
Copyright © 2018 Pengadilan Agama Tanjung Balai Karimun